2 Cara Memperbaiki Motor Injeksi Yang Mati Dengan Mudah

Rate this post

Cara Menghidupkan Motor Injeksi Mogok ~ Saat ini motor yang menggunakan teknologi injekasi sebagai penyuplai bahan bakar sudah sangat banyak, bahkan lebih banyak daripada motor yang masih menggunakan sistem karburator, khususnya untuk motor keluaran tahun 2014 sampai sekarang ini.

Sayangnya, banyak pengguna motor berteknologi injeksi yang masih kesulitan untuk memperbaiki sendiri jika mengalami masalah.

Akibatnya, kebanyakan dari mereka ujung-ujungnya membawa motor injeksi kesayangannya ke bengkel terdekat. Nah, bagi Anda yang mengalami hal seperti in, di bawah ini akan modifikasimotorz.com bagikan 2 cara memperbaiki motor injeksi yang mogok.

Oleh karena itu, sebelum Anda memutuskan untuk membawa motor injeksi kesayangan Anda ke bengkel motor  terdekat atau bengkel motor langganan Anda selama ini, cobalah Anda memperbaiki sendiri dengan mengikuti 2 tips yang akan kami bagikan di bawah ini.

Jika Anda sudah terbiasa memperbaiki sendiri, tentu Anda lebih menghemat pengeluaran bukan?

2 tips yang akan kami sebutkan di bawah merupakan rangkuman dari pengalaman bebebapa orang terpercaya dan sudah berhasil dalam memperbaiki motor injeksi yang mengalami masalah. Tapi sebelum itu, di bawah ini kami akan sedikit jelaskan mengenai perkembangan motor yang ada di indonesia.

Alasan Mengapa Banyak Orang Beralih Ke Sepeda Motor Sistem Injeksi Dibandingkan Karburator

Cara-Memperbaiki-Motor-Injeksi-Yang-Mati
Cara Memperbaiki Motor Injeksi Yang Mati

Perlu diketahui bahwa motor dengan sistem injeksi saat ini di indonesia sudah cukup menjamur. Teknologi injeksi ini juga sangat digemari di masyarakat pada umumnya, karena beberapa keunggulan yang dimilikinya jika dibandingkan dengan dibandingkan dengan sistem karburator

Diantara keunggulan penggunakan teknologi injeksi ini adalah lebih irit dalam menggunakan bahan bakar dan juga lebih ramah lingkungan. Hal tersebut dikarenakan sistem kerja mesin motor injeksi ini jauh lebih canggih dibandingkan sistem karburator. Selain itu, desain motor injeksi biasanya lebih keren dibandingkan desain motor jenis karburator.

baca juga  4 Cara Ampuh Membuat Rem Tromol Menjadi Pakem

Tidak heran jika penggemar motor injeksi  jauh lebih banyak dibandingkan penggemar motor karburator, apalagi dengan adanya beragam fitur terbaru yang disematkan pada setiap motor yang baru dirilis, sehingga memancing minat konsumen untuk memilikinya.

Untuk mengatasi masalah motor injeksi sebenarnya ada beberapa kemungkinan yang bisa Anda dilakukan.

Misalnya, jika motor Anda mogok ketika sedang dikendarai atau tidak bisa bisa hidup baik itu karena kehabisan bensin atau masalah lainnya. Faktanya, memang banyak pengguna sepeda motor injeksi yang mengalami masalah seperti itu.

Jika Anda mengalami masalah tersebut maka jangan langsung panik atau bingung. Ikuti saja 2 tips yang akan kami bagikan di bawah ini.

Penyebab dan Cara Memperbaiki Motor Injeksi Yang Mati (Tidak Mau Hidup)

Perlu diketahui bahwa ada beberapa penyebab yang mengakibatkan motor injeksi mogok atau tidak mau hidup, yaitu :

1. Aki

Penyebab-Motor-Injeksi-Susah-Dihidupkan-Aki-Bermasalah

Karena itu, langkah paling pertama adalah melakukan pengecekan pada aki motor injeksi Anda. Sebab, hidupnya motor dengan menggunakan teknologi sistem injeksi ini sangat bergantung pada aki yaitu kuat atau lemahnya pengapaian pada aki.

Karena jika tanpa aki atau akinya sudah lemah atau tekor maka motor injeksi dijamin tidak akan bisa hidup. Oleh karena itu, periksa aki motor Anda dengan seksama apakah masih bagus atau sudah lemah.

Jika masih bagus coba Anda periksa pada bagian penghubung sekringnya apakah putus atau tidak. Jika ternyata putus maka solusinya Anda tinggal belikan sekring yang baru. Selain itu juga Anda bisa memeriksa pada bagian kunci kontaknya.

Demikianlah cara memperbaiki motor injeksi mogok atau tidak mau hidup jika permasalahanya pada aki. Akan tetapi, jika Anda sudah melakukan hal di atas tetapi  kondisi pengapiannya tidak berfungsi sebagaimana mestinya maka langkah berikutnya yang bisa Anda lakukan adalah melakukan penggantian lama tersebut dengan aki yang baru.

baca juga  Cara Mengadopsi Kelistrikan Motor Balap Bagi Kalian Para Pecinta Road Race

Kebanyakan masalah pada motor vixion terletak pada akinya. Untuk motor yang lain mungkin berbeda masalahnya. Jika masih kesulitan, cobalah membawa motor Anda ke bengkel sepeda motor terdekat untuk berkonsultasi mengenai motor injeksi Anda yang mogok tidak mau hidup.

2. Bahan Bakar Minyak (Bensin)

Cara-Memperbaiki-Motor-Injeksi-Yang-Kehabisan-Bensin

Penyebab berikutnya kenapa motor injeksi Anda mogok atau tidak mau hidup adalah bensin atau bahan bakarnya. Banyak kejadian yang sering terjadi pada motor sistem injeksi yaitu terjadinya penyumbatan pada bagian mesin terutama pada bagian filter injektornya , maksudnya adalah injektor dan filter mesin.

Perlu Anda ketahui bahwa penyumbatan pada bagian ini umumnya terjadi dikarenakan adanya penumpukan kotoran pada mesin.

Sehingga hal ini menyebabkan aliran bensin atau bahan bakar minyak ke ruang bakar menjadi terhambat alias tidak lancar dan inilah yang membuat motor injeksi Anda kondisinya tidak stabil waktu di gas brebet.

Untuk cara memperbaiki motor injeksi dengan kasus yang seperti ini maka Anda bisa melakukan pengecekan pada bagian bagian mesinnya dan sistem kerja injeksinya.

Anda bisa mulai dengan membuka mesin motor dan melakukan pengecekan pada bagian bagian tersebut jika memang benar benar terdapat kotoran pada bagian tersebut maka Anda harus membersihkannya .

Perlu diketahui bahwa proses pembuangan kotoran tersebut harus dilakukan dengan sangat hati hati , Anda bisa menggunakan bensin dan juga cairan injektor cleaner yang bisa dibeli di bengkel.

Untuk menggunakan cleaner injektor ini biasanya tinggal di semprotkan ke bagian injektor motor Anda hingga kotoran yang menggangu pada mesin Anda bisa dikeluarkan dan bersih.

Jika kotoran sudah keluar dari mesin maka Anda bisa menutup atau memasang kembali rangkaian mesinya dan masalah motor injeksipun teratasi. Sebagai tambahan usahakan dalam melakukan hal ini jangan sampai salah metode hehe karena jika terjadi kesalahan maka bukan motor menjadi bagus malah bisa jadi motor menjadi rusak ,kalau sudah berusaha tapi masih juga tidak hidup maka Anda bisa bawa ke bengkel terdekat yang lebih ahli dalam hal memperbaiki motor injeksi.

baca juga  7 Cara Perawatan Motor Disaat Musim Hujan Tiba

Catatan :

Bagi Anda pengguna motor injeksi, apabila motor kesayangan Anda mengalami masalah berupa mogok atau rusak dan Anda sudah berusaha keras dan semaksimal mungkin untuk memperbaikinya dengan menggunakan 2 tips yang kami jelaskan di atas, maka tidak ada jalan lain kecuali Anda harus membawa motor Anda ke bengkel resmi.

Sebab, di bengkel resmi, peralatan yang dimiliki lebih lengkap dibandingkan bengkel motor pada umumnya. Disamping alat yang digunakan juga lebih canggih dan serba digital.

Apalagi sudah diketahui kalau yang namanya motor injeksi terdapat beberapa bagian tertentu yang sangat sensitif sehingga jika tidak dilakukan dengan sangat hati hati maka bisa menyebabkan motor Anda mengalami kerusakan pada mesinnya.

Demikianlah informasi seputar cara memperbaiki motor injeksi yang rusak yang kami bagikan pada artikel kali ini. Semoga pada informasi yang kami bagikan kali ini, Anda bisa mendapatkan informasi yang tepat sehubungan dengan masalah ini dan Anda pun bisa melakukan perbaikan sendiri ketika motor injeksi kesayangan Anda mengalami masalah. Sukses selalu!

Tags: