Penyebab dan Cara Memperbaiki Aki Motor Tekor

Aki atau accu (akumulator) yang ada pada kendaraan bermotor merupakan salah satu komponen penting dalam mesin kendaraan. Beberapa fungsi penting pun dimiliki oleh aki satu ini, seperti sebagai supplay sistem kelistrikan pada motor dan juga menyimpan tenaga listrik.

Tidak bisa dibayangkan bukan jika tiba-tiba aki menjadi tekor? Hal tersebut tentunya akan mengganggu aktivitas sehari-hari, terutama bagi Anda yang biasa beraktivitas dengan menggunakan sepeda motor. Sebenarnya, ada cara memperbaiki aki motor tekor ketimbang harus membelinya dengan aki yang baru.

Membeli aki yang baru justru akan menambah biaya perawatan. Tak hanya itu, membeli aki motor yang baru pun bukan solusi yang tepat untuk mengatasi masalah aki tekor. Oleh karena itu, di bawah ini akan dijelaskan mengenai cara mengatasi aki motor tekor yang bisa dilakukan. Namun sebelumnya, akan modifikasimotorz.com jelaskan terlebih dahulu mengapa aki motor bisa tekor.

Penyebab dan Cara Memperbaiki Aki Motor Tekor
Penyebab dan Cara Memperbaiki Aki Motor Tekor

Penyebab Aki Motor Tekor

Ada beberapa penyebab yang membuat aki motor Anda menjadi tekor secara terus menerus. Bahkan, beberapa penyebabnya tidak disadari oleh pemilik sepeda motor itu sendiri. Kira-kira, apa sajakah penyebabnya?

Memodifikasi Lampu Motor

Bagi Anda yang gemar memodifikasi motor terutama pada bagian lampunya, ternyata hal tersebut dapat membuat aki menjadi lebih cepat tekor. Mengapa hal tersebut bisa terjadi? Ini karena varian lampu modifikasi yang dipasangkan pada motor membutuhkan aliran listrik yang cukup besar.

Hal tersebut membuat kerja dari aki sendiri menjadi tidak seimbang. Ini bisa dianalogikan dengan pengeluaran yang tidak sesuai dengan pemasukan.

baca juga  Tips Memilih Fog Lamp Untuk Motor Agar Berfungsi Maksimal

Bagian Kiprok Bermasalah

Kiprok sendiri merupakan salah satu komponen yang berguna untuk mengatur pengisian aliran listrik pada aki. Jika kiprok mengalami masalah, maka hal tersebut dapat menurunkan kinerja aki sehingga membuat aki menjadi cepat soak.

Nah, jika Anda ingin mengetahui kondisi dari kiprok, maka Anda bisa mengeceknya dengan cara menghidupkan mesin motor serta lampu utama. Setelah itu, gas dengan menggunakan kecepatan 4000 hingga 5000 rpm.

Apabila tegangan listrik yang menampilkan kurang atau bahkan lebih dari 14-15 volt, maka dapat dipastikan bahwa komponen kiprok tersebut mengalami masalah.

Kurang Memperhatikan Muatan dari Kapasitas Listrik

Ternyata, kurang memperhatikan muatan kapasitas listrik yang dimiliki menjadi salah satu penyebab aki menjadi soak. Padahal, muatan kapasitas listrik yang terdapat di aki motor bisa berkurang hanya dalam waktu singkat.

Hal tersebut bisa saja terjadi, jika motor tidak pernah dihidupkan atau diam dalam waktu yang cukup lama. Satu hal yang perlu Anda ketahui bahwa setiap aki memiliki muatan kapasitas listrik yang bermacam-macam berdasarkan pada kegunaannya.

Untuk aki yang digunakan pada sepeda motor saja memiliki muatan dengan kapasitas listrik mencapai 3 sampai 3.5 ampere dengan tegangan hingga 12 volt.

Pengikat Aki Terlepas atau Rusak

Faktor berikutnya yang menjadi penyebab tekornya aki ialah bagian pengikatnya terlepas atau bahkan rusak. Pengikat aki ini sendiri merupakan komponen perantara untuk menghubungkan aliran listrik ke semua bagian motor.

Komponen tersebut berupa kabel dan komponen pengikat seperti sekrup. Nah, jika salah satu dari komponen itu lepas atau bahkan rusak, dapat dipastikan akan membuat kinerja dari aki menjadi melemah sehingga menyebabkan aki lebih cepat soak atau tekor.

Kurang Menjaga Kebersihan Aki

Untuk penyebab satu ini masih sering disepelekan oleh beberapa pemilik sepeda motor. Walaupun tampak sepele, namun jika aki tidak dijaga kebersihannya maka hal tersebut dapat membuatnya menjadi lebih cepat tekor.

baca juga  Cara Modifikasi Motor Yamaha RX-King Untuk Keseharian dan Road Race [RECOMENDED]

Oleh karena itu, penting untuk menjaga aki motor agar tetap awet dan berfungsi dengan baik. Aki motor sendiri bersifat kimiawi sehingga sangat rentan terhadap proses korosi dan memiliki plak khususnya pada bagian terminal aki.

Apabila aki tidak dijaga kebersihannya dan mengalami perkaratan, hal tersebut akan membuat motor menjadi sulit untuk starter. Jika hal tersebut sudah terjadi, maka bersiaplah menyalakan motor menyalakan motor dengan cara menurunkan standar tengah kemudian menyenggolnya. Cukup merepotkan bukan?

Cara Memperbaiki Aki Motor yang Tekor

Aki motor yang sudah soak atau tekor memang sangat merepotkan. Dimana, ketika harus menstater motor Anda harus menurunkan standar tengah terlebih dahulu. Akan tetapi, alih-alih menggantinya dengan menggunakan aki yang baru, ternyata aki yang tekor bisa diperbaiki.

Bagaimana cara memperbaiki aki motor tekor? Untuk mengetahui cara memperbaikinya, Anda bisa langsung menyimak penjelasan berikut ini;

Periksa Kebersihan serta Muatan Listrik Aki

Pada saat Anda membersihkan body motor, alangkah baiknya jika Anda juga membersihkan bagian terminal aki dari karat dan juga plak. Cara membersihkannya pun cukup mudah, Anda hanya perlu menggunakan sikat gigi bekas, lap basah serta taburan Vaseline.

Tak hanya itu, periksa juga muatan aki listrik. Pemeriksaan ini bisa Anda lakukan saat service motor. Namun, jika terlewat maka Anda bisa minta tolong langsung ke jasa service aki langganan untuk memeriksa kondisi muatan listrik pada aki.

Periksa Umur Aki

Cara memperbaiki aki motor tekor berikutnya ialah dengan memeriksa umur aki itu sendiri. Umumnya, aki yang digunakan pada sepeda motor memiliki umur pemakaian 1 hingga 2 tahun lamanya. Apabila aki yang Anda miliki waktu pemakaian yang lebih dari umur pemakaian aki pada umumnya, bisa dipastikan bahwa aki tersebut sudah uzur.

baca juga  12 Knalpot Racing Ninja 150 RR Terbaik dan Paling Bagus [REKOMENDASI]

Nah, jika Anda harus membeli aki yang baru, pastikan bahwa Anda mencatat tanggal dan tahun pembelian agar mempermudah untuk melakukan estimasi penggantian berikutnya.

Lakukan Modifikasi Motor yang Sesuai

Memodifikasi motor sesuai dengan apa yang diinginkan memang menjadi hal yang cukup membanggakan. Namun, sebelum ke arah sana, Anda harus mempertimbangkan bahwa melakukan modifikasi yang terlalu berlebihan justru akan menyebabkan masalah pada aki Anda.

Jadi, jika ingin memodifikasi motor, pastikan bahwa modifikasi dilakukan sesuai kebutuhan. Misalnya, jika Anda ingin menambahkan lampu agar pencahayaan menjadi lebih terang, maka hal tersebut harus disesuaikan dengan muatan aliran listriknya. Aliran listrik yang masuk dan keluar pun harus seimbang agar aki tidak cepat soak atau tekor.

Dengan terjaganya aki, maka hal tersebut akan membuat motor Anda mudah untuk dihidupkan dan tidak akan mengalami masalah saat digunakan. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui berbagai macam penyebab yang membuat aki menjadi lebih cepat soak.

Jangan sampai aki motor Anda tekor hanya karena Anda tidak bisa merawat atau bahkan menjaga kebersihan dari aki itu sendiri. Rutinlah melakukan pengecekan saat service motor agar terhindar dari masalah aki tekor.

Tak hanya itu, penting juga bagi Anda untuk mengetahui cara memperbaiki aki motor tekor agar tidak menyebabkan masalah yang lebih besar nantinya. Namun, sebelum aki motor Anda mulai rusak, pastikan bahwa Anda bisa menjaga kondisi aki dengan baik.

Nah, demikian pembahasan mengenai penyebab serta cara memperbaiki aki motor tekor. Semoga pembahasan kali ini dapat membantu Anda untuk mengatasi masalah yang terjadi karena aki soak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *