4 Cara Mudah Membedakan Sparepart Yamaha Asli dan Palsu

Rate this post

Spare part Yamaha-Sekarang para biker mulai resah dengan banyaknya spare part yang di beri julukan aspal. Aspal adalah kepanjangan dari asli atau palsu. Alih-alih ingin membuat tunggangan besinya awet dan kuat malah jadi cepat rusak bahkan bisa mengalami kerusakan permanen. Jika sudah begini, tentu saja konsumen merupakan pihak yang sangat amat dirugikan.

Meskipun perusahaan otomotif telah menyediakan spare part asli berkualitas yang dimilikinya, namun ada ada saja oknum yang tidak bertanggung jawab yang mengambil kesempatan untuk meraup keuntungan dari ini. Apalagi sangat susah untuk membedakan mana spare part yang asli dan mana spare part palsu. Salah satu merk spare part yang sering dipalsukan yaitu spare part yamaha. Dengan adanya spare aspal ini, maka akan merugikan pihak konsumen maupun pihak perusahaan spare part asli.

Maka dari itu, pada kesempatan kali ini kami akan membahas tentang 4 Cara Mudah Membedakan Sparepart Yamaha Asli dan Palsu. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak penjelasan di bawah ini.

Untuk orang awam, mungkin membedakan mana spare part asli dan yang bukan spare part asli itu sangatlah sulit. Namun, jika diperhatikan dengan teliti, mungkin kalian akan dengan mudah menemukan perbedaannya. Pada umumnya, spare part itu dibungkus oleh plastik dan kemudian dilengkapi dengan label yang tidak terpisah dengan plastik tersebut. Sekarang, kita fokus ke bagian label dulu.

1. Keterangan barang pada bungkusan

Jika kalian sedang mencari spare part untuk mengganti bagian motor kalian yang sudah mulai kalah, maka kalian pasti akan mencari di bengkel-bengkel terdekat. Untuk mengetahui apakah barang yang kalian beli adalah asli, maka kalian perlu memperhatikan hal berikut.

baca juga  Mengenal Blok Silinder Sepeda Motor Beserta Fungsinya
Cara-Membedakan-Sparepart-Yamaha-Asli-dan-Palsu
Cara Membedakan Sparepart Yamaha Asli dan Palsu

Spare part yang asli akan memberikan keterangan berupa kode jual atas jenis motor yang kalian gunakan. Keterangan ini biasanya menggunakan bahasa Inggris, jadi jika kalian mendapat keterangan berupa bahasa Indonesia, maka jangan ragu lagi barang itu adalah barang palsu.

Kode jual yang tertera di lebel bungkusan biasanya berupa angka dan huruf yang merupakan keteragan lengkap dari motor. Misalnya saja untuk kampas kopling motor Jupiter MX yang dirakit pada tahun 2010 maka akan diberin) kode oleh pabriknya (26S). Kode ini akan tertera pada bungkusan. Kode ini menjelaskan bahwa yang ada dalam bungkusan tersebut adalah kampas kopling (menggunakan bahasa Inggris).

Sedangkan untuk barang yang palsu, bukan kode yang tercantum di label bungkusan. Pembuat spare part palsu ini akan langsung mencantumkan nama motor yang menggunakan spare part tersebut saja. Bahkan, disebuah kasus ada bungkusan spare part palsu yang tidak menuliskan keterangan sama sekali.

2. Penulisan kalimat “Diedarkan oleh”

Cara-Membedakan-Sparepart-Yamaha-Asli-dan-Palsu
Cara Membedakan Sparepart Yamaha Asli dan Palsu

Penulisan pada spare part asli berada di antara tulisan keterangan barang (spare part) dan tulisan keterangan pengedar barang (spare part) tersebut. Penulisannya juga diberi jarak, sehingga tulisan “Diedarkan oleh” terlihat berdiri sendiri.

Sedangkan untuk spare part palsu, penulisan “Diedarkan oleh” berada pas di atas keterangan pengedar barang tanpa ada jarak. Sedangkat jarak dari keterangan barang sangatlah jauh.

3. Cara penulisan pada jumlah unit barang

Cara-Membedakan-Sparepart-Yamaha-Asli-dan-Palsu
Cara Membedakan Sparepart Yamaha Asli dan Palsu

Silahkan perhatikan gambar yang tertera di atas, dapat kita lihat perbedaan yang sangat mencolok.

  • Pada bagian penulisan 1 unit barang. Spare part yang asli menulis keterangan “1 PC” sedangkan yang palsu menulis keterangan “1PCS” pada labelnya.
  • Pada penulisan “1 PC” spare part yang asli menggunakan spasi sebagai jarak antara angka dan huruf. Sedangkan spare part yang palsu penulisan “1PCS“-nya tidak menggunakan jarak sama sekali.
  • Penulisan spare part palsu dicetak lebih tebal dibandingkan dengan spare part aslinya.
baca juga  Harga Yamaha Grizzly300 dan Spesifikasi Terbaru Juli 2018

4. Garis yang berada dibawah keterangan pengedar

Terakhir, untuk meyakinkan diri sendiri bahwa spare part yang kalian beli adalah asli atau tidak, kami berikan satu lagi cara yang paling ampuh untuk membedakannya.

Cara-Membedakan-Sparepart-Yamaha-Asli-dan-Palsu
Cara Membedakan Sparepart Yamaha Asli dan Palsu

Pada bagian bawah keterangan pengedar barang (spare part), secara kasat mata kita melihat sebuah garis panjang yang seakan-akan menggaris bawahi keterangan pengedar spare park. Namun, jika kalian lebih teliti lagi, garis panjang itu bukanlah garis biasa, melainkan kata “YAMAHA” yang berderet-deret dengan ukuran huruf yang sangat sangat kecil sehingga kita yang melihatnya sekilas akan mengira bahwa itu hanyalah sebuah garis. Bahkan kita kadang tidak sadar bahwa garis itu pun tidak utuh (garis putus-putus)

Berbeda halnya dengan spare part palsu, garis panjang yang berada di bawah keterangan pengedar spare part memang hanyalah sebuah garis, bahkan dibuat lebih tebal.

Nah, itulah 4 cara dari kami untuk membedakan spare part yang asli dan spare part palsu. Semoga dengan adanya tulisan ini dapat menambah wawasan kawan-kawan sekalian mengenai keaslian spare part.

Sekarang kalian sudah bisa membelikan tunggangan besi kalian spare part tanpa harus khawatir akan adanya spare part palsu. Demikian informasi singkat dari kami, semoga dapat bermanfaat untuk kita semua.

Tags: