Cara Mudah Membaca Soket CDI Motor Semua Merk

Rate this post

Cara Mudah Membaca Soket CDI Motor– CDI (capacitor-discharge-ignition) adalah salah satu komponen penting yang terdapat di sepeda motor. Pada umumnya, CDI ini berfungsi sebagai pengatur waktu meletiknya bunga api pada busi yang akan membuat bahan bakar terbakar nantinya. Yang pastinya bahan bakar ini sebelumnya sudah melalui proses pemadatan yang dilakukan oleh piston.

Kabel-Soket-CDI
Kabel Soket CDI

Kinerja capacitor-discharge-ignition (CDI) ini didukung oleh fulser yanh berfungsi sebagai sensor posisi piston. Sinyal fulser meberikan arus kepada SCR (Silicon-Controlled-Rectifier) yang secara otomatis akan terbuka. Setelah itu, arus yang ada di dalam capasitor akan dilepaskan oleh CDI. Tugas CDI lainnya yaitu mengelola arus kiriman fulser, spul, aki, maupun komponen- komponen lainnya. Dikesempatan kali ini, kami akan memberikan ulasan tentang Cara Mudah Membaca Soket CDI Motor Semua Merk. Tapi, sebelum kita membahas caranya, ada baiknya kalian mengetahui dulu apa itu CDI.

CDI atau capacitor discharge ignition ialah sistem pengapian pada mesin pembakaran dalam yang memanfaatkan energi yang terdapat dalam kapasitor. Energi ini nantinya akan dimanfaatkan untuk menghasilkan tegangan yang tinggi yang akan dikirim ke koil pengapian yang akan menghasilkan percikan bunga api (spark) pada busi.

Besar kecilnya energi yang tersimpan pada kapasitor sangatlah berpengaruh terhadap kekuatan percikan api pada busi yang akan memantikkan campuran bahan bakar pada ruang pembakaran. Semakin besar energi yang diperoleh, maka akan semakin mudah spark menembus kompresi yang tinggi atau menghasilkan campuran gas pembakaran yang banyak. Hal ini bisa terjadi berkat throttle yang yang terbuka lebih besar.

CDI juga sangat berpengaruh terhadap performa sepeda motor. Karena apabila sistem pengapian baik, maka hasil pembakarannya pun akan selesai dengan sempurna. Jika hal ini terjadi, maka mesin akan menghasilkan suhu panas yang optimal. Suhu panas di sini akan bekerja sesuai desain mesin pembakaran motor itu sendiri. Perubahan energi kimia yang berasal dari energi panas menjadi energi gerak.

baca juga  Cara Memilih Oli Motor Matic Yang Paling Bagus [WAJIB TAHU]

Semakin panas suhu dari hasil pembakaran di ruang bakar, maka semakin besar ledakan yang di hasilkan dari pembakaran gas campuran. Hal ini secara otomatis dapat menghasilkan tenaga dorong yang semakin besar. Panas yang dihasilkan bukan akibat dari gesekan antara komponen ruang bakar, namun murni akibat ledakan campuran gar bakar.  Ada berbagai macam CDI dan juga jenis CDI motor, yakni teknologi pengapian dirrect current (CDI DC) dan teknologi pengapian alternating current (CDI AC). Untuk dapat menganalisa CDI, sebelumnya kalian harus mengetahui lebih dulu arti dari setiap bagian kabel-kabel CDI motor.

Setiap perusahaan perakit motor, suah pasti mempunyai standar atau ciri khas tersendiri pada setiap soket CDI-nya. Dengan kata lain, setiap soket CDI dari bergagai merk dan jenis motor itu sudah pasti berbeda-beda. Misalnya perbedaan arti warna, dimana perbedaan warna pada soket CDI ini dibuat untuk memperpudah mekanik motor saat melakukan perbaikan pada motor kalian yang sedang mengalami kerusakan.

Selain itu, perbedaan warna pada setiap kabel juga dapat menghindari kesalahan saat menyambung kabel. Karena setiap motor, sudah pasti memiliki  sistem kistrikan yang berbeda pula. Setiap perusahaan perakit motor juga sudah pasti mempunyai rahasianya masing-masing yang di sematkan pada setiap rancangannya. Hal ini dilakukan agar tidak mudah di tiru oleh pesaingnya.

Nah, sekarang tibalah saatnya kalian mengetahui Cara Mudah Membaca Soket CDI Motor Semua Merk. Kami akan memberi tahu kalian tentang cara membaca warna pada kabel soket CDI. Untuk lebih jelasnya, silahkan simak arti dari setiap warna yang terdapat pada sistem kelistrikan di semua merk motor dibawah ini.

Cara-Membaca-Soket-Motor-Semua-Merk
Cara-Membaca-Soket-Motor-Semua-Merk

1.Motor Suzuki

  • Soket CDI Suzuki Shogun
  • Soket CDI Suzuki Shogun Kebo
  • Soket CDI Suzuki Smash
  • Soket CDI Suzuki Satria FU
baca juga  Memahami Komponen Kepala Silinder Sepeda Motor dan Fungsinya

Keterangan Warna:

Hitam- Putih: (-) Masa (berlaku untuk semua negatif)

Kuning- Putih: (+) Penerangan

Putih- Merah: (+) Pengisian oleh magnet

Putih– Biru : (+) Koil ke CDI

Biru – Kuning : (+) Pulser ke CDI

Kuning – putih : (+) Lampu depan

Orange: (+) Kunci kontak

Merah: (+) Aki

Abu- abu: (+) Lampu belakang

Hitam: (+)  Sein kiri

Hijau muda: (+) Sein kanan

Putih- Hitam: (+) Lampu rem

2. Motor Honda:

  • Soket CDI Honda Vario
  • Soket CDI Honda Beat
  • Soket CDI Honda Karisma
  • Soket CDI Tiger
  • Soket CDI Grand

Keterangan Warna:

Merah: (+) Aki,

Putih: (+) Lampu dekat, (+) Alternator Pengisian,

Hitam: (+) Kunci kontak,

Biru: (+) Lampu jauh,

Biru laut: (+)   Lampu Sein kanan,

Onange: (+) Lampu Sein kiri

Kuning: (+) Arus ke saklar lampu,

Abu-abu: (+) Flasher,

Coklat: (+) Lampu kota,

Hijau: (+) Masa ( berlaku untuk all negative)

Hitam- Putih: (+) Kunci kontak

Hitam- Merah: (+) Spul CDI

Hitam- Kuning: (+) Koil

Hijau- Kuning: (+) Brake Lamp

Biru- Kunimg: (+) Pulser CDI

3. Motor Kawasaki:

  • Soket CDI Ninja-RR
  • Soket CDI KLX-150

Keterangan Warna:

Hitam- Kuning: (-) Masa

Merah- Hitam: (+) Lamp depan jauh

Putih- Merah: (+) Aki

Merah- Kuning: (+) Lamp depan dekat

Hijau: (+)  Lampu sein kiri

Abu- abu: (+) Lampu sein kanan

Merah: (+) Lampu belakang

Coklat: (+) Klakson

Biru: (+) Lampu rem

4. Motor Yamaha

  • Soket CDI Scorpio,
  • Soket CDI Vega,
  • Soket CDI Jupiter-Z,
  • Soket CDI Mio,
  • Soket CDI Vega versi lama

Keterangan Warna:

Merah: (+) Arus positive dari aki

Hijau: (+) Lampu dekat depan

Kuning: (+) Lampu jauh depan

baca juga  Nama Komponen Mesin Sepeda Motor Beserta Fungsinya Yang Lengkap

Coklat: (+) Lampu sein kiri

Hitam: (-) Masa (berlaku untuk all negative)

Hijau-Hitam: (+) Rem

Putih-Merah: (+) Pulser CDI

Cara-Membaca-Soket-Motor-Semua-Merk
Cara Membaca Soket Motor Semua Merk

Demikianlah informasi singkat tentang Cara Mudah Membaca Soket CDI Motor Semua Merk dari kami, semoga dapat menambah wawasan kalian dan semoga dapat bermanfaat bagi kalian semua.

Tags: