Begini, Cara Mudah Merawat Motor Vespa Klasik

Hampir semua orang mengenal motor Vespa. Motor satu ini memang sangat melegenda di Indonesia. Sebagai motor klasik, Vespa memiliki tempat tersendiri di hati penikmat otomotif. Bahkan beberapa diantaranya merasa bangga ketika sampai sekarang masih memiliki kendaraan roda dua satu ini.

Sama halnya kendaraan lainnya, motor Vespa tentu juga harus dirawat. Perawatan yang tepat sangat dibutuhkan supaya kendaraan roda dua satu ini tetap awet saat melenggang di jalanan. Berikut ini tips mudah merawat motor Vespa klasik dari modifikasimotorz.

Tips Mudah Merawat Vespa Klasik

Sumber Gambar: jamandulu.com

1. Ganti Oli Samping

Seperti halnya merawat kendaraan lainnya. Memantau pergantian oli memang sangat diperlukan. Mengganti oli vespa disarankan sebulan sekali untuk menjaga keteraturan dan kesetabilan mesin.

2. Merawat Accu

Pengontrolan air accu sangat dianjurkan. Paling tidak sebulan sekali lakukan pengontrolan. Hal ini dikarenakan jika Vespa dihidupkan maka accu akan terisi arus listrik dan ketika arus listrik memasuki accu maka elemen didalamnya akan mulai bereaksi. Dan biasanya reaksi tersebut akan menyebabkan accu memanas dan menguap sehingga kepala accu yang memiliki katup positif (+) akan sering berkarat.

3. Merawat Busi

Rawatlah busi jangan sampai terdapat kerak. Jika terdapat kerak maka motor Vespa sudah dipastikan akan mati.Cara membersihkannya ialah setelah busi dalam keadaan dingin lakukan dengan menggunakan kuas yang telah dibasahi oleh bensin dan bagian dalamnya dibersihkan.Busi juga sebagai unsur perapian. Untuk memperbaiki masalah ini cek terlebih dahulu koil, kondensor, dan juga platina.

4. Gunakan Oli samping Berkualitas

Penggunaan oli samping yang berkualitas ini dianjurkan yang memiliki bahan adiktif yang tinggi. Jika menggunakan bahan adiktif yang rendah maka oli akan sering meninggalkan kerak.

baca juga  3 Cara Ampuh Untuk Menghilangkan Karat Pada Knalpot Motor

5. Gunakan Bahan Bakar Ber-oktan Tinggi

Pemilihan oktan tinggi ini dimaksudkan untuk membantu sistem kerja mesin menjadi baik. Gunakan bahan bakar seperti Pertamax atau Shell Super.

6. Merawat Karburator

Bersihkan karburator dengan secara berkala sehingga meminimalisir adanya kotoran yang menyangkut. Bersihlan dengan menggunakan cairan bensin dan semprot dengan angin kompresor sehingga saringan bisa bersih dari kotoran. Mengapa demikian, karena jika saringan udara kotor akan mempengaruhi saluran udara dan mengakibatkan terjadinya boros bahan bakar.

7. Merawat Versneling

Pastikan keadaan kabel Versneling tidak dalam keadaan longgar. Jika ini terjadi maka akan mempersulit untuk perpindahan gigi tidak akan pas.Biasanya jika setingannya sudah berubah maka kabel Versneling sudah mau putus.

8. Membersihkan Keran Bensin

cara ini perlu diperhatikan ketika membuka tangki bensin. Karena ada tangki oli dengan sistem pencampuran secara otomatis.

Gunakan kunci keran bensin dan lepaskan secara perlahan bagian bagian keran bensin kemudian cuci dan bersihkan tangki dengan bensin. Untuk keran bensin bersihkan dan rendam dengan cairan bensin.

9. Merawat Bodi Vespa

Karena bodi vespa ini berbahan dari besi hal itu sangat rentan terjadinya karat. Maka rawatlah dan sering bersihkan sehingga tidak terjadi kropos. Jika terjadi karat maka sebaiknya bersihkan karat tersebut dan lakukan pengecatan ulang karena cat dapat membantu menghadang terjadinya karat kembali.

10. Service rutin

Jika Vespa menjadi salah satu media berkendara, sebaiknya dilakukan service rutin sebulan sekali untuk menjaga performa mesin.

Bagaimana, cukup mudah bukan melakukan perawatan pada kendaraan roda dua satu ini? Kini saatnya Anda menerapkannya sekarang juga.

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *