Apakah Sering Terjebak Macet Harus Sering Ganti Oli? Ini Alasannya!

Rate this post

Terjebak macet saat mengendarai motor tentunya merupakan hal yang tak diinginkan dan pastinya sangat menyebalkan. Namun hal ini bisa dikatakan sebagai “makanan” sehari-hari sobat yang berdomisili di kota-kota besar seperti Jakarta, Makassar, Bandung ataupun Surabaya, khususnya pada jam-jam padat di pagi hari saat semua orang berangkat ke kantor, siang hari dan jam pulang di sore hari.

Alasan-Sering-Ganti-Oli-Karena-Terjebak-Macet-Setiap-Hari
Alasan Sering Ganti Oli Karena Terjebak Macet Setiap Hari

Namun tahukah kalian bahwa seringnya kita terjebak macet dalam durasi waktu yang cukup lama dapat menjadi penyebab kita menjadi boros dalam penggunaan oli mesin. Yang mana kita harus sering mengganti oli mesin demi menjaga performa mesin motor agar tetap prima, dari yang seharusnya sekali sebulan menjadi 2 atau 3 kali dalam sebulan. Tentunya hal ini membuat alokasi anggaran bulanan untuk oli mesin juga ikut bertambah.

Alasan mengapa sobat harus sering ganti oli karena sering terjebak macet ketika berkendara setiap hari menurut modifikasimotorz.com antara lain sebagai berikut.

1. Melampaui Regulasi Jam Masa Pakai Oli Mesin

Umumnya indikator penggantian oli mesin dilihat berdasarkan jarak tempuh motor yang digunakan. Namun untuk kasus kendaraan yang sering bermacet ria, memiliki sebuah pengecualian. Sebab oli mesin juga memiliki rekomendasi durasi pemakaian yang berbeda-beda, ada yang 3.000 jam, ada pula yang 4.000 jam. Sehingga ketika dalam posisi macet yang memakan waktu hingga berjam-jam, otomatis durasi pemakaiannya pun juga terus berjalan karena mesin motor terus menyala walaupun lajunya lambat merayap.

Apabila telah mencapai rekomendasi jam pemakaiannya tersebut atau baru mendekati, tentunya sobat disarankan untuk segera melakukan pergantian oli mesin motor agar performa mesin motor dapat kembali prima. Alangkah baiknya jika kita dapat menguasai cara ganti oli motor yang benar, sehingga bisa melakukan penggantian oli motor tersebut sendiri. Atau jika tidak ingin repot, tinggal membawa motor ke bengkel yang dipercaya untuk melakukannya.

baca juga  Mau Motor Matic Touring Yang NYAMAN? 5 Tips Modif ini Wajib Kamu Coba!

2. Penurunan Usia Mesin Motor

Masih jarang orang yang mengetahui bahwa ketika kita terjebak macet berjam-jam saat mengendarai motor, terjadi tekanan yang cukup tinggi di bagian vital komponen mesin motor yang membuat mesin mikroskopis menjadi aus. Hal ini dapat terjadi dikarenakan sepertiga atau bahkan setengah perjalanan kita lebih banyak berhenti dan berjalan sedikit sedangkan kondisi mesin terus menyala ketika terjebak macet yang panjang hingga memakan waktu berjam-jam.

Tentunya sekarang sobat dapat mengetahui alasan mengapa harus sering ganti oli apabila sering terjebak macet panjang setiap harinya, khususnya jika kalian berdomisili atau bekerja di ibukota Jakarta atau kota besar lainnya. Dan bersyukurlah bagi sobat yang berada diluar kota-kota besar karena tidak mengalami hal serupa. Meskipun demikian, sobat harus tetap merawat motor kesayangan kalian dan jangan lupa ganti oli secara rutin untuk tetap menjaga kondisi mesin motor senantiasa prima ketika dikendarai. Semoga apa yang kami sampaikan pada artikel kali ini dapat bermanfaat untuk sobat pembaca modifikasimotorz.com, dan jangan sampai ketinggalan update artikel terbaru lainnya!

Tags: