Ingin Modifikasi Motor Mio Agar Tampak Keren? Coba Deh 7 Tips Ini!

Rate this post

Motor Mio merupakan salah satu motor matic yang banyak menggait hati para pecinta motor matic Indonesia dengan variasi jenis dan warna yang dihadirkan. Sehingga pengetahuan tentang cara modifikasi Motor Mio  juga semakin dibutuhkan dan dicari, terutama bagi penggemar motor modifikasi yang menyukai tampilan berbeda dengan yang lain. Dengan gaya yang berbeda akan membuat pengendara semakin terlihat keren duduk di atas kendaraan pribadinya ini.

Mio sendiri mempunyai body yang ramping dan ringan sehingga memudahkan pengguna untuk mengandarainya. Selain itu, dilihat dari segi harga, Motor Mio juga relatif terjangkau oleh kalangan menengah ke atas. Tidak heran jika semakin banyak saja pengguna kendaraan roda dua ini. Berbicara tentang modifikasi motor matic, berikut tips dan cara modifikasi motor Yamaha Mio yang perlu Anda ketahui agar menjadi motor racing sporty yang keren dan menarik.

7 Tips Modifikasi Motor Mio Agar Terlihat Lebih Keren dan Menarik

7-Tips-dalam- Modifikasi-Motor-Mio-Menarik-dan-Keren
7 Tips dalam Modifikasi Motor Mio Menarik dan Keren

1. Mengurangi Berat Roller Mesin

Hal pertama yang perlu diperhatikan berkaitan dengan roller dan piston mesin. Cobalah untuk mengurangi berat roller pada motor atau menggunakan roller yang lebih ringan. Hal ini cukup mudah dilakukan dengan tangan Anda sendiri tanpa memanggil tukang bengkel atau ahli mesin otomotif. Anda hanya perlu mengupgrade performa dari non bore-up Motor Mio. Berat Roller yang dianjurkan sekitar 2 gram atau sesuai standar pabrikan.

2. Piston Mesin

Selain mengurangi berat roller pada mesin hal lain yang perlu mendapat perhatian adalah pada bagian piston mesin. Anda bisa menggunakan piston dengan ukuran 58 mm agar kapasitas mesin berubah menjadi 155cc.

baca juga  Harga Yamaha Mio-S Terbaru dan Spesifikasi Lengkap Juli 2018 [Review]

Namun ada konsekuen yang harus Anda tanggung dari Motor Yamaha Mio Modifikasi yang satu ini yaitu pada segi produksi bensin. Cara yang kedua ini memberikan risiko pengeluaran bensin yang semakin besar dan boros.

3. Mengubah Ukuran Noken As

Untuk mengantisipasi tips yang kedua tentang cara memodifikasi Yamaha Mio ini Anda bisa menanggulanginya dengan melihat sisi Noken as mesin. Pengeluaran bensin yang cukup meningkat ini dapat diatasi dengan cara mengubah ukuran Noken as ke dalam ukuran yang lebih lebar dan tinggi dari sebelumnya. Untuk tingginya Anda bisa merubahnya menjadi sekitar berukuran 25 mm dan tinggi Noken as menjadi 25 mm pada bagian input.

4. Karburator Mesin

Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan bagian karburator mesin. Karburator Motor Mio mempunyai sistem yang vakum, yaitu buka-tutup spet yang diatur oleh kevakuman pada bagian input mainifold.

Masalah yang sering muncul dari keadaan karburator seperti ini adalah karet vakum yang lemah atau skep plastic yang apabila tergores menyebabkan buka tutup skep menjadi terganggu. Jika masalah seperti ini terjadi Anda harus segera mengganti skep dan karet vakumnya.

Jangan lupa juga untuk mengganti spuyer serta balutan setelan, sebab pada bagian ini biasanya komponen mesin sudah tidak presisi lagi atau tidak sesuai dengan posisi seharusnya. Untuk mempermudah Anda bisa menggunakan repair kit karburator Mio Sporty. Jika pada bagian tersebut bagus maka Motor Mio Anda dapat menghemat penggunaan BBM hingga 8-13 % yang tentunya membuat porsi bensin lebih irit dari sebelumnya.

Untuk karburatornya sendiri Anda bisa menggantinya dengan main jet atau pilot jet tanpa harus mengubah karburator orisinilnya. Dengan demikian risiko dari mengubah ukuran Noken as pada mesin yang berpengaruh terhadap produksi bensin yang meningkat dapat teratasi.

baca juga  Cara Merawat Motor Injeksi Yang Praktis dan Simple

5. Porting Polishing

Tips selanjutnya dalam memodifikasi Motor Mio adalah dengan berurusan dengan porting polishing motor. Agar tampilan Motor Mio terlihat lebih keren dan memukau Anda perlu menghaluskan saluran output atau exhaust manifold beserta dengan intake manifold atau yang biasa dikenal dengan saluran input.

Cara ini dilakukan dengan tujuan agar gas buang pada motor akan lebih cepat terbuang jauh dari proses sebelumnya dari ruang bakar yang ada pada mesin motor matic tersebut. Namun ada hal yang perlu Anda perhatikan dalam melakukan step atau cara yang ke empat ini dalam melakukan modifikasi Mio. Anda tidak boleh melakukan membuatnya terlalu halus, cukup dengan menghilangkan beberapa bagian yang dapat menghambat aliran bahan bakar pada mesin.

Sebab tekstur kekasaran yang ada pada intake manifold masih diperlukan dalam membantu proses memecah bahan bakar yang bentuknya masih nerupa gumpalan-gumpalan yang tidak bisa tercampur dengan sirkulasi udara yang masuk ke dalam mesin. Dengan cara modifikasi Mio yang ke empat ini, kinerja Motor Mio Anda akan meningkat sebesar 6 %.

6. Memakai Noken As Racing

Tidak dapat dipungkiri, Noken as racing memiliki daya kerja yang lebih kuat daripada noken as standar. Dengan menggunakan mengganti noken as standar dengan Noken as racing, sistem buka tutup klep dapat disesuaikan. Fungsi lainnya adalah agar tarikan pada Motor Mio Anda akan semakin tangguh dan cepat.

Hal ini terjadi karena sistem buka tutup klep lebih cepat daripada biasanya. Tips cara modifikasi Motor Mio yang kelima ini cocok sekali bagi Anda yang menginginkan motor modifikasi dengan perubahan kecepatan laju tinggi yang semakin kuat bersaing dengan pengendara lainnya.

baca juga  BATASAN Modifikasi Motor Yang Tidak Melanggar Hukum [LENGKAP]

7. Sklur Klep

Pada Motor Matic sering terjadi yang namanya kebocoran pada klep mesin. Untuk mengantisipasi hal tersebut Anda bisa melakukan sklur klep terlebih dahulu sebelum melakukan modifikasi Mio atau dengan cara mengganti klep standar dengan klep racing. Klep racing dinilai lebih aman terhadap kebocoran pada klep mesin. Pakailah merk TK yang mempunyai desain gagang body dengan kemampuan lebih maksimal dalam menyalurkan BBM. Untuk setiap per klepnya bisa Anda ganti degan merk klep racing CLD. Per klep ini memiliki tingkat kekerasan yang lebih tinggi daripada per klep aslinya. Namun harganya sendiri cukup mahal, sekitar 130 ribu rupiah.

Baca juga : 10 Ide KEREN Modifikasi Motor Yamaha Vixion

Namun upaya ini akan membuat sistem buka tutup klep akan lebih optimal kinerjanya. Sebab pada putaran RPM tertentu, klep akan keluar dan masuk nyaris bersamaan. Jika terjadi knocking dapat menyebabkan mesin menjadi loyo dan kurang bertenaga. Pergantian klep racing akan meningkatkan tenaga hingga 6 % dan membuat bahan bakar mesin lebih hemat hingga 6 %.

Dari beberapa tips di atas tentulah penting sekali Anda ketahui sebelum melakukan modifikasi terhadap Motor Mio kesayangan. Supaya tidak terjadi proses yang salah yang dapat menimbulkan masalah baru terhadap kendaraan pribadi Anda. Performa Motor Mio Modifikasi akan telihat lebih keren, bergaya dan masa kini. Pastinya membuat rasa percaya diri Anda semakin meningkat dari sebelumnya.

Tags: