5 Cara Modifikasi Motor Agar Melaju Lebih Kencang Lari

Rate this post

Cara Memodifikasi Motor Biar Lebih Ngebut – Memodifikasi sepeda motor adalah hal yang sudah banyak dilakukan oleh beberapa kalangan pecinta motor modif. Berbagai spekulasi bermunculan tentang alasan memodifikasi kendaraan roda duanya tersebut. Bisa karena ingin agar tampilan motor terlihat lebih menarik dan gagah, atau karena memang memiliki kecintaan tersendiri terhadap sesuatu benda bermodif. Setiap orang memang memiliki cara modif motor tersendiri dengan alasan yang berbeda-beda bagi motor kesayangannya.

Bisaanya selain alasan agar kendaraan motor terlihat lebih menarik, alasan lain dalam memodifikasi motor adalah agar motor dapat berlari dengan lebih kencang dan gesit. Sebab mempunyai motor dengan tenaga yang kuat dan dapat melaju dengan kencang memberikan kebanggaan tersendiri bagi pengendara. Tentunya membuat Anda merasa lebih percaya diri untuk memakainya. Apalagi saat dibawa bersama-sama dengan teman sebaya.

Namun sebelum melakukan modifikasi motor kesayangan, Anda harus mengetahui apa saja hal yang bisa dilakukan sebagai upaya membuat kendaraan tunggangan menjadi lebih keren dan gagah. Pengetahuan ini sangat berguna sekali bagi Anda yang ingin motornya dapat berlari dengan cepat meski bukan menyandang status sebagai motor balap. Tanpa basa-basi terlalu lama, berikut 5 cara modifikasi motor agar dapat berlari lebih kencang yang harus Anda ketahui.

Tips-Modifikasi-Motor-Menjadi-Lebih-Kencang
Tips Modifikasi Motor Menjadi Lebih Kencang

1. Kurangi Berat Pada Piston

Sudah penasaran kan bagaimana caranya membuat kendaraan kesayangan yang selalu setia menemani kemanapun Anda pergi agar dapat melaju dengan lebih cepat dari biasanya?. Tenang, cara modifikasi motor yang akan diterangkan sangat simple dan mudah untuk Anda lakukan. Bahkan bisa Anda lakukan sendiri secara otodidak.

Cara modifikasi motor yang pertama agar motor dapat berlari dengan kencang adalah dengan mengurangi berat pada piston motor. Sebab posisi piston motor yang berat membuat motor harus bekerja lebih ekstra dengan beban tersebut dan dapat mengurangi kecepatan. Dengan mengurangi berat piston, otomatis Anda telah mengurangi beban berat pada motor dan membuatnya lebih ringan sehingga kecepatan laju motor tentu lebih maksimal.

baca juga  Cara Merawat Motor Injeksi Yang Praktis dan Simple

Tetapi dalam mengurangi berat pada piston motor tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Anda harus memiliki perhitungan yang benar agar motor mampu melakukan akselerasi dengan cepat. Kesalahan dalam mengurangi berat piston dapat menyebabkan proses akselerasi motor menjadi kurang baik dan terganggu.

2. Mengurangi Volume Ruang Bakar

Setelah mengurangi berat piston, proses selanjutnya sebagai cara modifikasi motor agar melaju lebih maksimal adalah dengan mengurangi volume pada ruang bakar mesin. Motor yang memiliki kompresi yang tinggi akan sangat mempengaruhi dalam kecepatan laju motor. Sehingga Anda perlu meningkatkan kompresi ruang bakar terhadap motor.

Hal tersebut bisa Anda lakukan dengan cara menggerida atau membubut silinder motor agar proses kompresi menjadi lebih meningkat dan motor dapat berakselerasi dengan lebih cepat. Tetapi dalam mengurangi volume ruang bakar pada motor harus dilakukan dengan hati-hati ya. Harus dengan perhitungan yang pas dan sesuai. Kesalahan dalam mengurangi volume ruang bakar pada motor juga dapat mengganggu terhadap kecepatan laju motor Anda.

3. Memperluas Lubang Pembilasan

Setelah mengurangi berat pada piston dan mengurangi volume ruang bakar pada mesin, langkah selanjutnya sebagai cara modifikasi motor agar mempercepat laju kendaraan roda dua ini adalah dengan memperluas lubang pembilasan. Sebab kepadatan campuran gas pada ruang pembakaran akan mempengaruhi kekuatan tenaga motor.

Dengan memperluas lubang pembilasan maka meningkatkan volume udara gas yang masuk ke dalam mesin pembilasan. Semakin padat campuran gas yang ada dalam ruang pembilasan maka semakin meningkat proses kompresi mesin.

Namun perluasan dalam ruang pembilasan juga dilakukan dalam batas yang normal dan tidak boleh terlalu lebar. Sebab apabila ruang pembilasan diperluas dalam tingkatan yang berlebihan dampak berdampak buruk terhadap kerusakan mesin dan tenaga yang dihasilkanpun juga akan kurang maksimal.

baca juga  51 Gambar Terbaik Modifikasi Yamaha Aerox 155 Terbaru 2018

4. Menambah Tenaga Listrik

Langkah selanjutnya dalam cara modifikasi motor sebagai upaya meningkatkan kecepatan laju motor adalah dengan menambah kekuatan tenaga listrik pada motor modifikasi Anda. Biasanya ukuran daya listrik untuk motor normal yang belum mendapat sentuhan modifikasi memiliki daya listrik sebesar 6 volt. Anda bisa menambahkan daya hingga kurang lebih menjadi 12 voltage.

Keuntungan yang akan Anda peroleh dari menambah tenaga listrik pada motor bukan hanya membantu meningkatkan kecepatan laju motor, tetapi juga memberikan manfaat lebih yaitu membuat lampu-lampu pada motor juga semakin terang.

Dengan keadaan lampu motor yang lebih terang secara otomatis akan membantu kenyamanan Anda bepergian di malam hari. Malam hari yang gelap terasa lebih aman dan nyaman berkat cahaya motor yang semakin menerangi jalur motor Anda.

Bukan hanya lampu depan motor saja yang lebih terlihat menyala, daya listrik yang semakin besar juga akan meningkatkan penerangan cahaya pada lampu sein dan lampu stop motor. Hal ini akan mempermudah pengendara dalam menikung ke arah sesuai yang diinginkan.

5. Mengganti Roda Gigi Motor

Langkah yang ke lima dalam cara modifikasi motor Anda untuk mempercepat laju motor adalah dengan mengganti gigi motor. Yang dimaksud di sini adalah roda gigi pada bagian belakang. Jangan salah tebak dulu. Bukan menggantinya dengan ukuran yang lebih besar ya. Tetapi gantilah roda gigi belakang dengan ukuran yang lebih kecil dari sebelumnya.

Ukuran roda gigi belakang yang lebih kecil akan mengurangi beban berat pada motor, sehingga menjadikannya lebih ringan untuk dibawa. Keadaan yang lebih ringan ini membuat keadaan motor menjadi lebih seimbang saat dikendarai pada ukuran kecepatan yang tinggi.

baca juga  4 Cara Jitu Untuk Mengatasi Mesin Yamaha-Vixion NVL/ NVA Yang Cepat Panas

Tetapi harus tetap berhati-hati ya dalam mengganti roda gigi belakang ini. Tidak boleh dilakukan dengan sembarangan. Jika Anda merasa belum mampu melakukannya sendiri maka serahkan pergantian roda gigi belakang motor Anda kepada ahlinya. Tidak sedikit kesalahan yang dilakukan oleh berbagai pihak dalam mengganti roda gigi bagian belakang ini.

Sebab kesalahan dalam melakukan pergantian gigi ini dapat berakibat buruk bagi motor Anda. Motor yang tadinya diharapkan dapat melaju dengan lebih kencang dan gesit malah akan didapatkan motor yang kurang maksimal dalam bekerja dengan tenaga kecepatan yang rendah.

Sekarang sudah tahu kan bagaimana cara modifikasi motor yang baik dan benar agar tunggangan kesayangan dapat melaju lebih kencang?. Motor yang sehat dan dapat bersaing dengan kecepatan tinggi tentu saja semakin meningkatkan rasa percaya diri Anda. Terutama bagi anak muda yang biasanya mencari motor-motor dengan kinerja mesin seperti motor pembalap.

Tidak perlu membeli motor balap yang ditawarkan dengan harga selangit, cukup manfaatkan tips terbaik sebagai cara modifikasi motor agar melaju lebih gesit dan kencang dan dapatkan kualitas motor kesayangan menjadi seperti yang Anda inginkan.

Tapi jangan lupa untuk tetap menaati peraturan lalu lintas yang berlaku guna menjaga keselamatan diri Anda. Tetap gunakan helm, membawa surat-surat motor dan satu lagi yang pasti jangan sampai menerobos lampu merah.

Tags: