5 Komponen Motor Trail Off Road Yang WAJIB Dipasang

Rate this post

Komponen Pelengkap Wajib Motor Trail Off-Road – Bermain dengan motor Trail di akhir pekan memang aktivitas yang seru dan menyenangkan. Apalagi kalau aktivitas tersebut dilakukan bareng-bareng bersama teman satu hobbi. Tentunya semakin menggairahkan saja. Perlu sobat modif motor ketahui bahwa di Indonesia sendiri sudah banyak penjualan Motor Trail berbagai variasi yang bisa Anda pilih.

Pada dasarnya Motor Trail ini digunakan sebagai sarana untuk off road yang menantang dan menguji nyali dengan melewati jalur yang terjal dan penuh dengan rintangan. Namun di Indonesia sendiri bisa kita lihat bahwa Motor Trail ini bukan hanya digunakan sebagai alat adrenaline saja tetapi juga sering digunakan sebagai kendaraan umum yang digunakan untuk berbagai keperluan.

Sebagian jenis Motor Trail sudah dibekali komponen motor pelengkap yang mendukung aktivitas petualangan jalur terjal namun sebagian merk yang lain masih dibekali dengan peralatan standar saja yang belum aman untuk diajak ngetrail.

Sehingga bagi Anda yang ingin menggunakan motor Trail sebagai alat untuk ngetrail bareng teman, penting untuk melengkapi beberapa komponen tambahan terhadap Motor Trail Anda.

5 Komponen PENTING Yang Wajib Dipasang Untuk Motor Trail Off-Road

5-Komponen-Wajib-Motor-Trail
5 Komponen Wajib Motor Trail

1. Headlight

Untuk motor Trail dual sport atau motor enduro tulen biasanya secara otomatis sudah dilengkapi dengan headlight standar. Sebaiknya Anda tidak perlu melepas komponen headlight ini, sebab akan sangat berguna saat mengendarainya. Terlebih saat malam hari yang mutlak membutuhkan penerangan.

Namun ada sebagian merk motor Trail tertentu yang memang belum dilengkapi dengan komponen headlight sehingga Anda perlu menambahinya sendiri. Untuk jenis Motor Trail yang tidak dilengkapi dengan komponen headlight adalah tipe motor kompetisi atau cross country.

baca juga  Harga Aksesoris Motor Modifikasi dan Variasi Terbaru Januari 2018 [REFERENSI]

Anda bisa menambahinya dengan memasang headlight sendiri menggunakan lampu sorot LED atau bisa juga menggunakan altermarket seperti keluaran UFO atau Polisport.

Untuk harganya sendiri terbilang cukup mahal yaitu sekitar 700 ibu sampai dengan 1 juta rupiah. Mungkin ada merk headlight jenis lain tapi belum bisa menjamin kelayakan pakainya sehingga otomatis kurang nyaman untuk Anda gunakan. Akan lebih baik jika Anda menggunakan headlight tipe standar yang sudah terjamin kualitasnya.

2. Tail Light

Selain headlight komponen lain yang perlu dipasang pada motor Trail sebelum diajak ngetrail. Sebut saja komponen tail light atau lampu belakang yang juga tidak kalah pentingnya dalam memberikan kenyamanan pemakaian Motor Trail Anda.

Kurangnya pemasangan komponen ini dapat berisiko terhadap keselamatan pengendara, sebab tail light slain sebagai penerangan bagian belakang juga sebagai isyarat ketika rider akan melakukan pengereman sehingga bisa diantisipasi oleh rider-rider yang ada di belakangnya.  Manfaat ini bukan hanya berlaku di jalur off road tetapi juga berlaku di jalur umum yang lebih rawan terjadi kecelakaan.

3. Skid Plate

Skid Plate merupakan komponen pendukung yang berbentuk seperti piring dan dipasang di bagian belakang motor. Fungsi dari skid plate sendiri adalah sebagai pelindung bagi mesin motor terhadap adanya benturan benda keras atau saat motor masuk ke dalam lubangan yang cukup dalam.

Bagi sebagian jenis Motor Trail sudah dilengkapi dengan komponen skid plate standar, namun tidak sedikit juga dari Motor Trail jenis tertentu belum dibekali dengan skid plate tersebut. Lalu bagaimana dengan motor Trail yang belum dilengkapi dengan skid plate? Tentu saja Anda yang harus memasangnya sendiri untuk mengurangi resiko kerusakan terhadap motor akibat terkena benturan bebatuan atau lintasan yang cukup terjal dan dalam.

baca juga  Kenali Nama Aksesoris Motor Matic Ini Sebelum Belajar Modif

Di jajaran toko yang menjual komponen-komponen otomotif sudah banyak yang memperjual belikan skid plate untuk Motor Trail tersebut. Sehingga Anda tidak perlu bingung harus mencari kemana skid plate ini. Skid plate sendiri dihadirkan dengan berbagai variasi bahan, ada yang berbahan dasar plastic dan ada juga yang berbahan dasar logam.

Sebaiknya Anda memilih jenis skid plate yang terbuat dari logam saja karena memiliki tingkat perlindungan yang lebih tinggi daripada skid plate yang terbuat dari plastik. Bisa Anda logika sendiri antara logam dan plastic sudah tentu lebih kuat logam dalam melindungi Motor Trail dari benturan benturan benda keras tersebut.

4. Hand Guard

Tidak jauh berbeda dengan skid plate, hand guard biasanya juga sudah dipasang secara standar di beberapa varian motor Trail. Tetapi jika Motor Trail yang Anda miliki belum dilengkapi, tidak perlu bimbang dan risau. Hand Guard juga dijual secara terpisah di berbagai toko peralatan otomotif yang tersebar ke seluruh penjuru Tanah Air. Banyak sekali aftermarket yang menawarkan hand guard ini.

Harganya juga bervariasi, ada yang tingkat sedang sampai penawaran harga yang cukup mahal untuk hand guard yang memiliki kualitas tinggi. Untuk hand guard yang benar-benar berkualitas biasanya dijual dengan kisaran harga 1 jutaan, tetapi untuk merk tertentu yang kurang baik ada juga yang hanya ditawarkan dengan kisaran harga ratusan ribu saja. Tergantung dari kebutuhan Anda, mencari kualitas atau mencari harga yang lebih murah.

Namun demi kenyamanan dan keselamatan pengendara sangat direkomendasikan untuk menggunakan hand guard yang sudah berkualitas meski harganya lebih mahal. Sebab  hand guard ini bukan hanya berfungsi sebagai pelindung tuas rem saat crash dan tuas kopling saja, tetapi juga berfungsi untuk melindungi tangan dari sabetan ranting-ranting pohon yang ada di ada di sekitar jalur off road Anda.

baca juga  5 Cara Pasang Headlamp Yamaha New Vixion Yang Baik dan Benar

Meksi ranting-ranting pohon  dan ranting semak berukuran kecil, namun saat bersentuhan dalam keadaan motor yang melaju kencang, ranting-ranting kecil ini juga bisa menimbulkan pengaruh yang besar terhadap kenyamanan pemakaian Motor Trail Anda.

5. Fork Guard

Pada motor Trail sangat penting untuk tetap menjaga suspensi agar tetap berada pada kualitas prima. Salah satu upaya yang dapat Anda lakukan adalah dengan memasang fork guard atau pelindung suspense depan.

Tidak dapat dipungkiri jenis motor Trail ini sangat terbiasa untuk bersentuhan dengan debu, lumpur dan berbagai kotoran lainnya. Tanpa dilengkapi dengan komponen fork guard, kotoran-kotoran tersebut dapat menempel di setiap bagian Motor Trail yang dapat menimbulkan efek negatif seperti jebolnya seal fork.

Jika seal fork jebol secara otomatis akan mengganggu kenyamanan terhadap pemakaian motor. Baik menggunakan suspense teleskopik atau upside down sebaiknya tetap dilengkapi dengan komponen fork guard pada Motor Trail Anda. Selain beberapa komponen pelengkap yang telah dsebutkan masih ada beberapa pelengkap lain seperti tali strap evakuasi dan disk brake guard.

Dengan komponen yang lengkap terhadap motor Trail Anda, tentunya sangat berguna bagi kenyamanan pemakaian. Ngetrail menjadi lebih seru dan aman dan pastinya momen petualangan jalur terjal dan berlumpur yang Anda lalui untuk mengisi liburan akhir pekan atau pelampiasan hobbi ini menjadi lebih menyenangkan.

Tags: