10 Ide Modifikasi Yamaha Vixion Yang Simple PATUT Untuk Dicoba!

Rate this post

Modifikasi Motor Vixion – Peningkatan volume kendaraan roda dua di tanah air semakin terasa dari tahun ke tahun, mulai dari motor yamaha, kawasaki, suzuki, honda, suzuki dan yang lainnya telah menjual banyak sekali produk sepeda motor mereka setiap tahunnya. Tak hanya jenis matic dan bebek, motor sport juga banyak diminati oleh para pecinta otomotif salah satunya adalah Yamaha Vixion yang pada tahun 2014-2015 mendominasi kelas 150 cc. Sebab kendaraan yang dikhususkan untuk pria ini memiliki performa mesin yang mumpuni dan desain body cukup bagus.

Bagi sobat pecinta otomotif khususnya pengguna motor new Vixion advance, lightning, ataupun versi lama yang hobi melakukan modifikasi ataupun baru ingin belajar memulai hobi tersebut, kami akan memberikan tips dan cara modif motor dengan budget yang tergolong murah dengan hasil yang terlihat keren dan tanpa harus mengurangi sisi keselematan penggunanya serta tidak terlihat terlalu alay atau norak.

Selain itu perlu juga kalian ketahui bahwa tips dan panduan yang kami berikan pada kesempatan kali ini tak hanya semata-mata untuk motor Vixion saja. Sebab pengguna motor CBR 150, All New CBR 150 R, MT 25, Yamaha R25 ataupun merk lainnya juga dapat mengaplikasikan tips modifikasi di artikel ini.

Cara Modif Vixion Yang Simple dan Minimalis

10-Tips-Modifikasi-Yamaha-Vixion-Sederhana
10 Tips Modifikasi Yamaha Vixion Sederhana

1. Menggunakan Headlamp Replika Kawasaki Z250 Atau New Vixion

Bagian yang dapat kalian pilih untuk memodifikasi motor vixion kalian ialah dengan mengganti headlamp bawaannya dengan jenis lainnya seperti yang dimiliki oleh Kawasaki Ninja Z250 jika memang kalian menyukai desain motor tersebut. Adanya braket tambahan supaya motor vixion dapat ditempeli headlamp jenis ini, maka jika sobat masih belum memiliki pengalaman kami sarankan untuk menyerahkan proses pemasangannya ke bengkel yang terpercaya.

Adapun harga Headlamp Z250 Replika untuk motor Yamaha Vixion ini sendiri berkisar 200 ribu hingga 400 ribuan Rupiah, jauh lebih murah dibandingkan membeli versi Ori yang dibanderol sekitar 3 jutaan. Apabila ingin menghemat atau memiliki budget yang minim, menggunakan headlamp kawasai z250 replika bisa menjadi salah satu alternatif bagi sobat otomotif lover yang ingin melakukan modif motor vixion.

baca juga  Ingin Modifikasi Motor Mio Agar Tampak Keren? Coba Deh 7 Tips Ini!

headlamp-kawasaki-z250-untuk-new-vixion

Namun apabila kalian tidak ingin menggunakan jenis replika seperti yang di atas, kalian dapat mencoba model headlamp vixion lainnya dengan varian yang berbeda. Harganya pun cukup terjangkau berkisar Rp 50 ribuan hingga 200 ribuan.

2. Lampu Projector Vixion

Lampu projector (projie) merupakan salah satu sparepart motor yang banyak diminati dan ingin dimiliki oleh kebanyakan pecinta otomotif. Motor yang menggunakan lampu ini khususnya motor yamaha vixion tampak lebih keren terutama pada sisi pencahayaannya. Harga lampu projie pun bervariasi mulai dari Rp 100 ribuan hingga jutaan tergantung dari jenis atau model serta merek dari lampu projector itu sendiri.

3. Menambahkan Tabung Jas Hujan

Seperti yang kia ketahui bersama bahwa di Indonesia yang merupakan negara tropis ini hanya terdapat 2 jenis musim saja yaitu kemarau dan musim hujan. Dan untuk antisipasi dikala musim penghujan tiba ada baiknya sobat pecinta otomotif menambahkan tabung ekstra untuk menyimpan jas hujan atau bisa juga untuk manruh perlengkapan seperti kenebo dan yang lainnya.

Apabila kalian tidak ingin membeli yang langsung jadi, dengan budget sekitar 100 ribuan kalian dapat membuat tabung jas hujan sendiri dengan bahan dan kriteria sebagai berikut.

  1. Sebaiknya menggunakan paralon yang kuat dan bukan bahan busa.
  2. Ukuran untuk diameter sekitar 11 cm dan panjang 25 cm.
  3. Menggunakan Kalep tebal yang dilengkapi dengan pengunci Asetal.
  4. Apabila ingin terlihat mengkilap atau bercahaya ketika terkena pancaran sinar, kalian dapat menambahkan
  5. Stripping Scotlite (skotlet) dengan warna sesuai selera.

4. Menambahkan Penutup Mesin / Undercowl

Mungkin sebagian orang masih belum mengetahui bahwa tampilan motor vixion yang kalian miliki tampilannya bisa menjadi lebih kece dan keren hanya dengan menambahkan aksesoris yang satu ini. Apalagi banyak toko online terpercaya yang bisa kalian temukan di Shopee, Bukalapak, blibl, tokopedia dan market place lainnya sudah menjual Undercowl motor yamaha vixion dengan berbagai jenis yang bisa kalian pilih dan mulai dari kisaran harga 100 ribuan hingga 200 ribuan keatas.

baca juga  Modifikasi Motor Matic Kamu Agar Tampak Lebih Keren Dengan 3 Tips Ini!

5. Menggunakan Stang Variasi

Stang merupakan salah satu bagian motor vixion yang bisa kalian modif apabila ingin mencoba merasakan berkendara dengan sensasi yang berbeda dari biasanya. Ada beberapa jenis pilihan variasi yang bisa sobat otomotiv coba seperti stang fatbar, jepit, ataupun yang lainnya. Untuk harga stang jepit model ninja 150 RR sendiri harganya berkisar 600 ribuan, sedangkan untung jenis fatbar harganya tergolong jauh lebih murah.

6. Menggunakan Undertail New Vixion Untuk Spakbor Belakangnya

Sebenarnya untuk modif spakbor memakai Undertail ini sebenarnya tidak begitu kami rekomendasikan karena dengan tidak adanya pelindung di spakbor maka dampak negatifnya dapat membuat cipratan air dari roda belakangnya menjadi lebih tinggi. Namun dari segi tampilan, motor vixion yang dimodif tersebut terlihat lebih sporty dan terkesan lebih tinggi.

undertail-new-vixion

7. Mengganti Spakbor Depan

Selain bagian belakangnya, spakbor depan motor vixion juga dapat kalian modif dengan menggantinya dengan model milik Kawasaki Ninja 250 FI yang harganya cukup terjangkau apabila kalian merasa spakbor bawaannya kurang kece dan sporty. Untuk proses pemasangannya kalian dapat meminta bantuan montir ahli dari bengkel yang terpercaya apabila merasa kesulitan saat ingin menambahkan braketnya.

8. Menggunakan Swing ARM Banana R15

Mungkin masih sedikit orang yang mengetahui bahwa AS roda belakang, AS ARM dan BOS ARM yang dimiliki Yamaha YZF-R15 memiliki ukuran panjang yang sama dengan milik motor Vixion. Maka dari itu sobat pecinta otomotif dapat menggunakan swing arm banana R15 untuk mengganti swing arm bawaannya apabila tertarik untuk melakukan modifikasi pada bagian kaki-kaki dari motor Vixion.

9. Menggunakan Full Fairing Model Monster atau Ninja 250 FI

Penggunaan Full Fairing untuk memodif motor new Vixion cukup banyak direkomendasikan oleh para pecinta otomotif. Sebab selain bertujuan untuk memenutupi bagian depan serta mesinnya, tampilan motor besutan Yamaha tersebut juga menjadi terlihat lebih sporty dan keren. Sebagai rekomendasi, sobat dapat menggunakan sayap dengan model Fairing Monster atau model Ninja 250 FI jika kalian ingin tampilan motor kalian mirip Kawasaki Ninja 250.

baca juga  7 Cara Perawatan Motor Disaat Musim Hujan Tiba

Full-Fairing-Yamaha-Vixion

10. Half Fairing Model Kawasaki Z250

Selain Full Fairing, kalian juga dapat melakukan modif motor Vixion dengan menggunakan Half Fairing model Kawasaki Z250. Walaupun membuat tampilan kendaraan menjadi lebih keren dan mesinnya yang terlihat lebih berisi serta dapat mengurangi dan melindungi mesinnya dari kotoran tanah, debu dan yang lainnya, penggunakan model ini memiliki kekurangan yaitu menurunkan kecepatan motor karena efek dari fairing yang lebar sehingga memberi tekanan tambahan pada motor saat melaju.

Selain tips yang kami berikan di atas, ada juga beberapa tips sederhana lainnya yang dapat sobat otomotif coba untuk memodifikasi motor Yamaha Vixion yang kalian miliki seperti yang ada di bawah ini.

  • Menggunakan Proguard MotoGP New Vixion.
  • Mengganti velg bawaan dengan jenis Axio berukuran 4,5 inci.
  • Menggunakan Footstep Underbone New Vixion.
  • Menambahkan Visor dan Emblem.
  • Menambahkan Stabilizer Sock New Vixion merek KTC.
  • Menambahkan aksesoris Cover Footstep / Tandem bracket
  • Merubah Handle Kopling dan Rem menjadi Handle Biker.
  • Mengganti body bagian belakang dengan milik Kawasaki Ninja 250 FI.

Itulah tadi Tips Modifikasi Yamaha Vixion yang simple dan minimalis yang beberapa diantaranya sudah disertai dengan kisaran harga dari sparepart atau aksesoris yang disarankan. Semoga saja informasi yang blog ModifikasiMotorz.com sampaikan pada kesempatan ini dapat membantu dan memberi pencerahan serta ide kepada sobat pecinta otomotif yang ingin melakukan modifikasi motor buatan Yamaha ini.

Tags: